Halo temen-temen, ente bingung buat daftarin blog kamu pada google search console
nih , ane punya triknya buat kalian semua, ayo ikuti langkah-langkahnya dengan seksama
pastinya kamu bisa, ayooooo lengkap sampai selesai
Jika Anda tidak akrab dengan GWT atau Google Search Console, mari
kita kembali ke titik awal. Google Search Console adalah layanan gratis
yang memungkinkan Anda belajar banyak informasi tentang situs web Anda
dan orang-orang yang mengunjunginya. Anda dapat menggunakannya untuk
mencari tahu hal-hal seperti berapa banyak orang yang mengunjungi situs
Anda dan bagaimana mereka menemukan itu, apakah banyak orang yang
mengunjungi situs Anda pada perangkat mobile atau komputer desktop, dan
yang halaman di situs Anda paling populer. Hal ini juga dapat membantu
Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan website, mengirimkan sitemap,
dan membuat dan memeriksa file robots.txt.
Siap untuk mulai mengambil keuntungan dari semua yang Google Search Console ditawarkan? Mari kita lakukan.
Menambah dan memverifikasi situs di Google Search Console
Jika Anda baru untuk Google Search Console, Anda harus menambahkan
dan memverifikasi situs Anda (s) sebelum Anda dapat melakukan ada yang
lain. Menambah dan memverifikasi situs Anda di Search Konsol membuktikan
kepada Google bahwa Anda baik situs pemilik, webmaster, atau pengguna
lain yang berwenang. Setelah semua, Cari Konsol menyediakan segala macam
informasi sangat rinci dan wawasan tentang kinerja sebuah situs. Google
tidak ingin menyerahkan bahwa jenis informasi kepada siapa saja yang
meminta untuk itu.
Menambahkan situs ke Search Console adalah proses yang sangat
sederhana. Pertama, login ke account Cari Konsol Anda. Setelah Anda
login, Anda akan melihat sebuah kotak di samping tombol merah yang
mengatakan “Add Properti.”
Masukkan URL situs Anda mencoba untuk menambahkan di dalam kotak dan
klik “Add Properti.” Selamat, situs Anda sekarang ditambahkan ke akun
Cari Konsol Anda!
Berikutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi situs Anda. Ada
beberapa cara Anda dapat pergi tentang ini. Metode mana yang akan
bekerja terbaik untuk Anda tergantung pada apakah Anda memiliki
pengalaman bekerja dengan HTML, jika Anda memiliki akses untuk
meng-upload file ke situs, ukuran situs Anda, dan apakah Anda memiliki
program Google lain yang terhubung ke situs Anda. Jika ini terdengar
luar biasa, jangan khawatir-kita membantu Anda mencari tahu.
Menambahkan tag HTML
metode verifikasi ini yang terbaik bagi pengguna dan pemilik situs yang memiliki pengalaman bekerja dengan kode HTML.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage Properti,” kemudian
“Verifikasi properti ini.” Jika “HTML Tag” pilihan tidak muncul di bawah
“metode Rekomendasi,” maka Anda harus klik pada “metode alternatif” tab
dan pilih “tag HTML.” Ini akan memberikan Anda dengan kode HTML yang
Anda perlukan untuk verifikasi.
Salin kode dan menggunakan editor HTML Anda untuk membuka kode untuk
situs situs Anda. Paste kode yang diberikan dalam dalam & lt; Head
& gt; Bagian dari kode HTML. Jika situs Anda sudah memiliki meta tag
atau kode lainnya di & lt; Head & gt; bagian, tidak peduli di
mana kode verifikasi ditempatkan dalam kaitannya dengan kode lain; itu
hanya perlu di & lt; Head & gt; bagian. Jika situs Anda tidak
memiliki & lt; Head & gt; bagian, Anda dapat membuat satu demi
memverifikasi situs.
Setelah kode verifikasi telah ditambahkan, menyimpan dan
mempublikasikan kode diperbarui, dan membuka homepage situs Anda. Dari
sana, melihat kode sumber situs. Kode verifikasi harus terlihat dalam
& lt; Head & gt; bagian.
Setelah Anda yakin kode ini ditambahkan ke homepage situs Anda,
kembali ke Cari Console dan klik “Verifikasi.” Google kemudian akan
memeriksa kode situs Anda untuk kode verifikasi. Jika kode ditemukan,
Anda akan melihat layar membiarkan Anda tahu situs telah diverifikasi.
Jika tidak, Anda akan diberikan informasi tentang kesalahan itu ditemui.
Ketika situs Anda telah diverifikasi oleh Cari Console,
tidak menghapus kode verifikasi dari situs Anda . Jika kode dihapus, akan menyebabkan situs Anda menjadi tidak terverifikasi.
Meng-upload file HTML
Untuk menggunakan metode ini, Anda harus dapat meng-upload file ke direktori root situs.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian
“Verifikasi situs ini.” Jika “file HTML Upload” tidak terdaftar di bawah
“metode Rekomendasi,” harus terdaftar di bawah “Metoda alternatif” tab.
Bila Anda memilih metode ini, Anda akan diminta untuk men-download
file HTML. Download, kemudian meng-upload ke lokasi yang ditentukan.
Jangan membuat perubahan apapun pada isi dari file atau nama file; file
harus disimpan persis sama. Jika berubah, Cari Konsol tidak akan dapat
memverifikasi situs.
Setelah file HTML telah di-upload, kembali ke Cari Console dan klik
“Verifikasi.” Jika semuanya telah di-upload dengan benar, Anda akan
melihat halaman membiarkan Anda tahu situs telah diverifikasi.
Setelah memverifikasi situs Anda menggunakan metode ini,
tidak menghapus file HTML dari situs Anda. ini akan menyebabkan situs Anda menjadi tidak terverifikasi.
Memverifikasi melalui penyedia nama domain
Penyedia nama domain adalah perusahaan Anda membeli domain dari mana
atau website Anda host. Bila Anda memverifikasi menggunakan penyedia
nama domain Anda, itu tidak hanya membuktikan Anda adalah pemilik dari
domain utama, tetapi Anda juga memiliki semua subdomain dan subdirektori
yang terkait dengan itu. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda
memiliki situs web yang besar.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian
“Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “Domain penyedia nama”
pilihan terdaftar di bawah “metode Rekomendasi,” lihat di bawah “Metoda
alternatif” tab.
Bila Anda memilih “penyedia nama domain,” Anda akan diminta untuk
memilih penyedia nama domain Anda dari daftar penyedia yang umum
digunakan, seperti GoDaddy.com . Jika penyedia Anda tidak ada dalam
daftar ini, pilih “Lainnya” dan Anda akan diberikan petunjuk tentang
cara untuk membuat data TXT DNS untuk penyedia Anda. Jika catatan DNS
TXT tidak bekerja untuk operator Anda, Anda akan memiliki pilihan untuk
membuat data CNAME sebagai gantinya.
Menambahkan kode Google Analytics
Jika Anda sudah menggunakan Google Analytics (GA) untuk memonitor
lalu lintas situs Anda, ini bisa menjadi pilihan termudah untuk Anda.
Tapi pertama, Anda harus dapat memeriksa kode HTML situs untuk
memastikan kode pelacakan GA ditempatkan dalam & lt; Head & gt;
bagian kode homepage Anda, tidak dalam & lt; Body & gt; bagian.
Jika kode GA tidak sudah di & lt; Head & gt; bagian, Anda akan
perlu untuk memindahkannya di sana untuk metode ini untuk bekerja.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian
“Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “kode pelacakan Google
Analytics” pilihan di bawah “metode Rekomendasi,” lihat di bawah “Metoda
alternatif” tab. Bila Anda memilih “Google Analytics metode pelacakan,”
Anda akan diberikan dengan serangkaian instruksi untuk mengikuti.
Setelah situs Anda telah diverifikasi,
tidak menghapus kode GA dari situs Anda, atau akan menyebabkan situs Anda terverifikasi.
Menggunakan Google Tag Manajer
Jika Anda sudah menggunakan Google Tag Manager (GTM) untuk situs
Anda, ini mungkin cara termudah untuk memverifikasi situs Anda. Jika
Anda akan mencoba metode ini, Anda harus memiliki “Lihat, Edit, dan
Mengelola” izin diaktifkan untuk akun Anda di GTM. Sebelum mencoba
metode ini, melihat kode HTML situs Anda untuk memastikan kode GTM
ditempatkan segera setelah situs Anda & lt; Body & gt; tag.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian
“Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “Google Tag Manager”
pilihan yang tercantum di bawah “metode Rekomendasi,” itu akan muncul di
bawah “Metoda alternatif.”
Pilih “Google Tag Manager” dan klik “Verifikasi.” Jika kode Tag
Manajer Google ditemukan, Anda akan melihat layar membiarkan Anda tahu
situs Anda telah diverifikasi.
Setelah situs Anda diverifikasi,
tidak menghapus kode GTM dari situs Anda, atau situs Anda akan menjadi terverifikasi.
Cara menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console
Google Analytics dan Google Search Konsol mungkin tampak seperti
mereka menawarkan informasi yang sama, tetapi ada beberapa perbedaan
utama antara kedua produk Google ini. GA adalah tentang siapa yang
mengunjungi situs-bagaimana Anda banyak pengunjung yang Anda dapatkan,
bagaimana mereka mendapatkan ke situs Anda, berapa banyak waktu mereka
menghabiskan di situs Anda, dan di mana pengunjung Anda berasal dari
(geografis berbahasa) . Google Search Console, sebaliknya, diarahkan
lebih ke arah lebih internal informasi-siapa yang terhubung ke Anda,
jika ada malware atau masalah lain di situs Anda, dan kata kunci yang
query situs Anda muncul dalam hasil pencarian. Analytics dan Cari Konsol
juga tidak memperlakukan beberapa informasi dengan cara yang sama
persis, sehingga bahkan jika Anda berpikir Anda sedang melihat laporan
yang sama, Anda tidak mungkin mendapatkan informasi yang sama persis di
kedua tempat.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari informasi yang diberikan oleh
Cari Konsol dan GA, Anda dapat menautkan akun untuk masing-masing
bersama-sama. Memiliki dua alat ini terkait akan mengintegrasikan data
dari kedua sumber untuk menyediakan Anda dengan laporan tambahan bahwa
Anda hanya akan dapat mengakses setelah Anda melakukan itu. Jadi, mari
kita mulai:
Apakah situs Anda telah ditambahkan dan diverifikasi di Search
Konsol? Jika tidak, Anda harus melakukannya sebelum Anda dapat
melanjutkan.
Dari dashboard Cari Console, klik pada situs yang Anda mencoba untuk
menyambung. Di pojok kanan atas, Anda akan melihat ikon roda gigi. Klik
di atasnya, kemudian pilih “Properti Google Analytics.”
Ini akan membawa Anda ke daftar Google Analytics akun yang terkait
dengan akun Google Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memilih akun GA
yang diinginkan dan tekan “Simpan.” Mudah, bukan? Itu semua yang
diperlukan untuk mulai mendapatkan hasil maksimal dari Search Console
dan Analytics.
Menambahkan sitemap
Sitemaps adalah file yang memberikan mesin pencari dan web crawler
informasi penting tentang bagaimana situs Anda terorganisir dan jenis
konten yang tersedia di sana. Sitemaps dapat mencakup metadata, dengan
rincian tentang situs Anda seperti informasi tentang gambar dan konten
video, dan seberapa sering situs Anda diperbarui.
Dengan mengirimkan sitemap Anda ke Google Search Console, Anda
membuat pekerjaan lebih mudah Google dengan memastikan mereka memiliki
informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka lebih
efisien. Mengirimkan sitemap tidak wajib, meskipun, dan situs Anda tidak
akan dikenakan sanksi jika Anda tidak mengirimkan sitemap. Tapi ada
pasti ada salahnya mengirimkan satu, terutama jika situs Anda sangat
baru dan tidak banyak situs lain yang menghubungkan ke sana, jika Anda
memiliki situs web yang sangat besar, atau jika situs Anda memiliki
banyak halaman yang tidak benar terkait bersama-sama.
Sebelum Anda bisa mengirimkan sitemap ke Search Console, situs Anda
perlu ditambahkan dan diverifikasi di Search Console. Jika Anda belum
melakukannya, pergi ke depan dan melakukan itu sekarang.
Dari Cari Anda Konsol dashboard, pilih situs yang ingin mengirimkan
sitemap untuk. Di sebelah kiri, Anda akan melihat sebuah opsi bernama
“Crawl.” Di bawah “Crawl,” akan ada pilihan ditandai “Sitemaps.”
Klik pada “Peta Situs.” Akan ada tombol bertanda “Tambah / Uji Peta Situs” di pojok kanan atas.
Ini akan memunculkan kotak dengan ruang untuk menambahkan teks untuk itu.
Ketik “sistem / feed / sitemap” di dalam kotak itu dan tekan “Submit
sitemap.” Selamat, Anda sekarang telah mengajukan sitemap!
Memeriksa file robots.txt
Memiliki sebuah website tidak selalu berarti Anda ingin memiliki
semua halaman atau direktori diindeks oleh mesin pencari. Jika ada
hal-hal tertentu di situs Anda, Anda ingin tetap keluar dari mesin
pencari, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan file robots.txt.
Sebuah file robots.txt ditempatkan di root situs Anda memberitahu robot
mesin pencari (yaitu, web crawler) apa yang Anda lakukan dan tidak ingin
diindeks dengan menggunakan perintah yang dikenal sebagai robot
Pengecualian Standard.
Sangat penting untuk dicatat bahwa file robots.txt yang belum tentu
dijamin 100% efektif dalam menjaga hal-hal jauh dari web crawler.
Perintah dalam file robots.txt adalah petunjuk, dan meskipun crawler
digunakan oleh mesin pencari seperti Google kredibel akan menerima
mereka, sangat mungkin bahwa crawler kurang bereputasi tidak akan. Ini
juga mungkin bagi web crawler yang berbeda untuk menafsirkan perintah
berbeda. File robots.txt juga tidak akan berhenti dari situs-situs lain
yang menghubungkan ke konten Anda, bahkan jika Anda tidak ingin
diindeks.
Jika Anda ingin memeriksa file robots.txt Anda untuk melihat secara
tepat apa itu dan tidak mengizinkan, login ke Cari Console dan pilih
situs yang file robots.txt Anda ingin memeriksa. Belum ditambahkan atau
diverifikasi situs Anda di Search Konsol? Melakukan yang pertama.
Di sisi kiri layar, Anda akan melihat opsi “Crawl.” Klik dan pilih
“Tester robots.txt.” Robots.txt Tester Alat akan membiarkan Anda melihat
file robots.txt Anda, membuat perubahan untuk itu, dan itu mengingatkan
Anda tentang kesalahan yang ditemukan. Anda juga dapat memilih dari
pilihan dari user-agen Google (nama untuk robot / crawler) dan masukkan
URL anda mengizinkan / melarang, dan menjalankan tes untuk melihat
apakah URL tersebut diakui oleh crawler itu.
Jika Anda membuat perubahan ke file robots.txt Anda menggunakan
tester robots.txt Google, perubahan tidak akan secara otomatis tercermin
dalam file robots.txt host di situs Anda. Untungnya, itu cukup mudah
untuk memperbarui sendiri. Setelah file robots.txt Anda adalah bagaimana
Anda inginkan, tekan tombol “Kirim” di bawah kotak editing di bawah
pojok kanan. Ini akan memberi Anda pilihan untuk men-download file
robots.txt Anda diperbarui. Cukup meng-upload ke situs yang Anda dalam
direktori yang sama di mana satu lama Anda adalah
(www.example.com/robots.txt). Jelas, nama domain akan berubah, tetapi
file robots.txt Anda harus selalu diberi nama “robots.txt” dan file
harus disimpan di root domain Anda, tidak
www.example.com/somecategory/robots.txt~~V.
Kembali pada alat uji robots.txt, tekan tombol “Verifikasi versi
live” untuk memastikan file yang benar adalah di situs Anda. Semuanya
benar? Baik! Klik “Submit versi live” untuk membiarkan Google tahu Anda
telah memperbarui file robots.txt Anda dan mereka harus merangkak itu.
Jika tidak, kembali meng-upload-file robots.txt baru ke situs Anda dan
coba lagi.
Ambil sebagai Google dan mengirimkan indeks
Jika Anda telah membuat perubahan yang signifikan untuk website,
cara tercepat untuk mendapatkan update diindeks oleh Google adalah untuk
menyerahkan secara manual. Ini akan memungkinkan perubahan dilakukan
untuk hal-hal seperti konten atau judul tag pada halaman untuk muncul
dalam hasil pencarian sesegera mungkin.
Langkah pertama adalah untuk masuk ke Google Search Console.
Berikutnya, pilih halaman yang Anda butuhkan untuk mengirimkan. Jika
website tidak menggunakan ‘www.’ awalan, maka pastikan Anda klik pada
entri tanpa itu (atau sebaliknya.)
Di sisi kiri layar, Anda akan melihat “Crawl” pilihan. Klik di atasnya, kemudian pilih “Ambil sebagai Google.”
Mengklik “Ambil sebagai Google” harus membawa Anda ke layar yang terlihat seperti ini:
Jika Anda perlu untuk mengambil seluruh website (seperti setelah
update situs-lebar besar, atau jika homepage telah memiliki banyak
renovasi dilakukan) kemudian meninggalkan kotak kosong pusat. Jika
tidak, menggunakannya untuk memasukkan alamat lengkap dari halaman yang
Anda butuhkan diindeks, seperti http://example.com/category. Setelah
Anda masuk ke halaman yang Anda butuhkan diindeks, klik “Fetch dan
Render” tombol. Mengambil waktu beberapa menit, tergantung pada jumlah /
ukuran halaman sedang diambil.
Setelah pengindeksan selesai, akan ada “Kirim ke Index” tombol yang
muncul dalam hasil daftar di bagian bawah (dekat status “Complete”).
Anda akan diberikan pilihan untuk “Crawl Hanya URL ini,” yang merupakan
pilihan yang Anda inginkan jika Anda hanya mengambil / mengirimkan satu
halaman tertentu, atau “Crawl URL ini dan Link Direct nya,” jika Anda
perlu untuk indeks seluruh situs.
Klik ini, menunggu pengindeksan untuk menyelesaikan, dan Anda
selesai! Google sekarang telah mengirimkan bot pencarian untuk katalog
konten baru pada halaman Anda, dan perubahan akan muncul di Google dalam
beberapa hari ke depan.
kesalahan Site di Google Search Console
Tak seorang pun ingin memiliki sesuatu yang salah pada website
mereka, tapi kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari ada masalah
kecuali seseorang memberitahu Anda. Alih-alih menunggu seseorang untuk
memberitahu Anda tentang masalah, Google Search Console segera dapat
memberitahu Anda dari kesalahan yang ditemukan di di situs Anda.
Jika Anda ingin memeriksa sebuah situs untuk kesalahan internal
pilih situs yang ingin Anda periksa. Di sisi kiri layar, klik pada
“Crawl,” lalu pilih “Kesalahan Crawl.”
Anda kemudian akan dibawa langsung ke halaman Kesalahan Crawl, yang
menampilkan situs atau URL kesalahan yang ditemukan oleh Google bot
sementara mengindeks halaman. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:
Setiap kesalahan URL ditemukan akan ditampilkan di bagian bawah.
Klik pada salah satu kesalahan untuk penjelasan dari kesalahan ditemui
dan rincian lebih lanjut.
Catat setiap kesalahan yang ditemui, termasuk screenshot jika
sesuai. Jika Anda tidak bertanggung jawab untuk menangani kesalahan
situs, memberitahu orang yang sehingga mereka dapat memperbaiki masalah
(s).
Kami berharap panduan ini telah membantu dalam acquainting Anda
dengan Google Search Console. Sekarang semuanya sudah diatur dan
diverifikasi, Anda dapat mulai mengambil semua informasi yang Google
Search Console memiliki untuk Anda.